Fakta Unik Mengenai Tim Nasional Sepakbola Albania

Fakta Unik Mengenai Tim Nasional Sepakbola Albania – Albania, tentu kata itu terdengar asing bagi telinga kita bukan? Membuat kita begitu penasaran mengenai seperti apa sebenarnya klub sepakbola yang bisa lolos dalam seleksi turnamen EURO 2016 yang baru ini. Sebelum kita membicarakan mengenai tim sepak bola dari negara ini, mari kita membahas mengenai negara itu sendiri. Mungkin saja banyak dari kita yang belum banyak mengetahui mengenai negara tersebut yang notabene kita dengar sama-sama dari namanya saja seperti sebuah negara yang berasal dari timur tengah mengikuti Arab, Turki ataupun yang lainnya.

Fakta Unik Mengenai Tim Nasional Sepakbola Albania

Fakta Unik Mengenai Tim Nasional Sepakbola Albania

Albania merupakan sebuah negara yang terletak di Eropa bagian tenggara yang berbatasan langsung dengan Montenegro, Yunani, Republik Makedonia dan juga Serbia atau Kosovo. Bendera negara mereka juga bisa dibilang sangat unik yaitu berwarna merah dengan gambar burung elang yang memiliki kepala dua. Hal ini dihubungkan dengan albania yang memiliki arti sebagai tanah air burung elang dalam julukannya Shqiperia atau di dalam bahasa Albania itu sendiri. Sebenarnya lambang itu merupakan lambang dari kekaisaran Bizantium yang pernah menguasai Balkan dan juga Anatolia pada kala itu. Lalu ketika kita beralih kepada pesepakbolaan yang berada di negara yang berada di bagian tenggara Eropa ini, sebenarnya Albania mempunyai pemain-pemain yang bagus kualitasnya.

Hanya saja para pemain yang bagus ini dulunya merupakan atlet-atlet sepakbola yang berjuang di ajang-ajang internasional di bawah nama bendera negara lain dan bukan membela negara mereka sendiri. Kita sebutkan saja contohnya adalah yang menjadi back kiri dari tim nasional Jerman yaitu Skhodran Mustafi yang namanya pernah menjadi squad juara di piala dunia tahun 2014 lalu. Tentu ini seharusya adalah menjadi suatu kebanggan bagi negara Albania karena mengingat inilah pertama kalinya cita-cita mereka untuk bermain dalam turnamen internasional terwujud dalam perputaran final EURO 2016 yang akan segera berlangsung di musim nanti. Harapan mereka tentunya banyak tergantungkan di dalam turnamen nanti karena ini akan mencetak sejarah yang baik bagi mereka.

Tetapi masih ada juga pemain-pemain lain seperti Skhodran yang pernah membela negara lain yakni negara swiss saat berlaga pada piala dunia musim lalu. Mereka dipanggil untuk mengahadapi Serbia dan Armenia kala turnamen EURO 2016 nanti walaupun sebenarnya mereka bukanlah kelahiran Albania dan enam permain tersebut lahir di Swiss dan pernah membela tim Swiss sebelumnya. Para pemain tersebut antara lain adalah Blerin Dzemaili, Granit Xhaka, Valon Behrami, Admir Mehmedi dan juga Xherdan Shaqiri. Tentu ini sesuatu yang sangat mengejutkan mengenai betapa pemain Albania bukan di dapat dari pemain-pemain yang memang asli pernah membela tim dari negaranya tersebut.

Justru para pemain Albania banyak yang dipanggil untuk membela tim negara lain seperti misalnya 22 pemain di panggil untuk membela kosovo yaitu negara tetangga mereka sendiri, 5 pemain di Swiss betapa lucunya karena mengingat Albania juga memanggil 6 orang pemain dari Swiss dan mereka seperti layaknya bertukar pemain saja. Kemudian negara lain juga banyak yang memanggil para pemain Albania sebagai pembela negara mereka di antaranya adalah Montenegro, Jerman, Finlandia dan juga Makedonia. Dan banyak fakta menarik dan juga unik lainnya berkaitan dengan tim nasional negara Albania ini yang tentunya akan membuat Anda semua semakin penasaran dengan aksi mereka pada turnamen piala bergengsi EURO nantinya.

Seperti yang tercatat pada catatan sejarah persepakbolaan negara Albania bahwa Asosiasi persepakbolaan di negara mereka pernah di skors oleh Federasi Internasional Asosiasi Sepak Bola pada tanggal 11 Maret 2008 namun kemudian skors itu dicabut pada tanggal 29 April 2008. Skors tersebut pernah diberlakukan kepada mereka karena intervensi pemerintah kala itu yang mengharuskan Federasi Internasional harus mencabut ijin mereka untuk berlaga di dunia Internasional. Setelah dicabutnya skorsing tersebut tentu besar harapan mereka untuk dapat membuktikan kepada seluruh dunia bahwa tim nasional sepak bola negara mereka yakni Albania dapat harum di kancah Internasional dan bendera mereka dapat berkibar dengan sangat gagahnya dengan nama mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *